Peringatkan Menlu Australia soal kedaulatan RI, Marty dipuji

Rabu, 25 September 2013 - 12:17 WIB
Peringatkan Menlu Australia soal kedaulatan RI, Marty dipuji
Peringatkan Menlu Australia soal kedaulatan RI, Marty dipuji
A A A
Sindonews.com - Anggota Komisi I DPR RI, Budiyanto, mengapresiasi sikap berani Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa yang memperingatkan Australia agar tidak melanggar kedaulatan Indonesia.

Peringatan itu disampaikan Menlu Marty kepada Menlu Australia, Julie Bishop ketika keduanya bertemu di New York, sehari sebelum pembukaan sidang umum ke-68 PBB, kemarin. ”Ketegasan ini diperlukan agar Australia tidak memandang remeh Indonesia,” kata Budiyanto, Rabu (25/9).

Budiyanto memandang, sikap tegas Pemerintah Indonesia akan menentukan cara pandang penguasa baru Australia kepada Indonesia. Selama ini, lanjut Budiyanto, jika yang berkuasa di Australia berasal dari Partai Demokrat, cara pandangnya selalu meremehkan Indonesia.

Tanda-tanda sikap Perdana Menteri Tony Abbott akan seperti pendahulunya dari Partai Demokrat sudah terlihat dari program penanganan penyelundupan manusia yang dikampanyekannya. Abbott menyatakan akan menggelontorkan dana sebesar AUS$420 juta untuk membeli kapal-kapal nelayan, memberi insentif uang kepada masyarakat dan kepala desa yang memberi informasi, bahkan menempatkan polisi Australia di Indonesia.

”Program ini jelas merendahkan Indonesia, karena menganggap seolah-olah Indonesia adalah bagian dari Australia. Ini harus dicegah dengan sikap tegas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY),” tandas Budiyanto.

Kata Budiyanto, sejatinya pemerintahan Abbott tetap memandang Indonesia sebagai mitra paling strategis di kawasan. Ini bisa dilihat dari langkahnya yang menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjunginya setelah pelantikannya sebagai PM Australia, beberapa pekan lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4835 seconds (0.1#10.140)