Pangeran Kamboja mogok makan selama sengketa pemilu

Jum'at, 20 September 2013 - 16:38 WIB
Pangeran Kamboja mogok makan selama sengketa pemilu
Pangeran Kamboja mogok makan selama sengketa pemilu
A A A
Sindonews.com - Seorang pangeran Kamboja, Sisowath Thomico, (sepupu Raja Norodom Sihamoni), melakukan mogok makan pada Jumat (20/9/2013). Aksi itu, sebagai protes atas kemenangan pemilu yang dimenangkan kubu Perdana Menteri Hun Sen.

Pangeran Thomico, merupakan anggota senior oposisi Partai Penyelamatan Nasional Kamboja (CNRP). Sedangkan, Pemilu di negara itu, dimenangkan Partai Rakyat Kamboja (CPP) pimpinan Perdana Menteri Hun Sen. ”Saya melakukan mogok makan sampai ada solusi untuk memberikan keadilan bagi rakyat, yang merupakan pemilih,” katanya, seperti dikutip Fox News.

Dia mulai melakukan aksi mogok makan di sebuah pagoda di Ibu Kota Phnom Penh. Thomico menuduh pemilu yang dimenangkan CPP dengan sebutan ”pementasan kudeta dingin”, yang berusaha untuk menciptakan konflik antara rakyat dan raja.

Menurut hasil resmi pemilu bulan Juli, CPP memenangkan 68 kursi. Sedangkan CNRP meraih 55 kursi. Pihak oposisi telah menolak penghitungan, dan menuduh ada praktik kecurangan yang meluas. Dia telah memperingatkan akan memboikot pembukaan parlemen pada Senin nanti, kecuali penyimpangan pemilu dibahas.


”Kami tidak akan menghadiri pertemuan pada tanggal 23 September 2013,” kata pemimpin oposisi, Sam Rainsy dalaam sebuah konferensi pers. ”Jika pertemuan pada tanggal 23 berjalan di depan dan tanpa CNRP, itu benar-benar akan melanggar konstitusi.”

Rainsy menyerukan untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan CPP, guna menemukan solusi sengketa pemilu Kamboja.

Perdana Menteri Hun Sen, yang telah memerintah selama 28 tahun, telah melakukan beberapa pertemuan dengan Rainsy pada minggu lalu untuk membahas kebuntuan politik. Namun, kedua belah pihak tetap berselisih atas permintaan oposisi untuk penciptaan “komite kebenaran” yang independen untuk menyelidiki kecurangan pemilu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4426 seconds (0.1#10.140)