Pesawat Presiden Venezuela dilarang lewat AS

Jum'at, 20 September 2013 - 09:53 WIB
Pesawat Presiden Venezuela dilarang lewat AS
Pesawat Presiden Venezuela dilarang lewat AS
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Venezuela mengatakan Amerika Serikat melarang pesawat jet Presiden Nicolas Maduro terbang melintasi udara AS, saat dalam perjalanan menuju China. Pihak Caracas menyebut, tindakan AS itu sebagai agresi.

Belum ada komentar dari pihak AS, dan kejelasan soal larangan pesawat Maduro lewat. Padahal Presiden Maduro dijadwalkan harus hadir di Beijing pekan ini, untuk menghadiri pertemuan negara-negara penghasil minyak, atau OPEC.

Menteri Luar Negeri Venezuela, Elias Jaua, mengatakan rencana penerbangan yang diajukan oleh Venezuela untuk pesawat Presiden Maduro ditolak otoritas AS. ”Kami mencela hal itu sebagai tindakan agresi AS,” kata Jaua, seperti dikutip Reuters, Jumat (20/9/2013).

”Kami berhak untuk mengambil tindakan apapun, jika Pemerintah AS dan otoritas penerbangan mereka tidak memperbaiki kesalahan ini sebagai serangan baru terhadap kedaulatan Venezuela,” lanjut Jaua.

Jaua mengatakan kepada wartawan, bahwa Washington tidak punya hak untuk menolak wilayah udaranya dilewati pesawat kepresidenan manapun. Dia mengatakan pemerintahnya, sedang mencari rute lain, agar Presiden Maduro tetap bisa berkunjung ke China.

Kedutaan Besar AS di Caracas, tidak memberikan komentar soal ketegangan diplomatik itu. Maduro selama ini sering “konflik” dengan Washington sejak memenangkan Pemilu pada bulan April 2013 untuk menggantikan Hugo Chavez. ”Apa yang terjadi di Amerika Serikat? Mengapa mereka begitu gugup? Mengapa begitu banyak putus asa ?,” tanya Jaua kepada televisi pemerintah setempat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6762 seconds (0.1#10.140)