Presiden Filipina: Jangan uji kekuatan kami

Jum'at, 20 September 2013 - 03:25 WIB
Presiden Filipina: Jangan uji kekuatan kami
Presiden Filipina: Jangan uji kekuatan kami
A A A
Sindonews.com – Presiden Filipina, Benigno Aquino, pada Kamis (19/9/2013), memperingatkan pemberontak MNLF untuk tidak menguji kekuatan pemerintah dengan cara melakukan kekacauan. Menurutnya, kekacauan yang dilakukan gerilyawan MNLF akan ditangani oleh kekuatan penuh.

Aquino mengeluarkan peringatan itu saat ia meminta sisa anggota MNLF di bawah komanda Nur Misuaro, yang saat ini masih bersembunyi di kota selatan Zamboanga, untuk menyerah. Menurutnya, masih ada waktu untuk melakukan hal itu.

Aquino meminta pemberontak bersenjata yang masih tersisa untuk mengakhiri krisis Zamboanga, yang saat ini telah memasuki hari ke-11. Presiden menyatakan, hal itu perlu dilakukan untuk mengurangi jumlah korban.

Presiden juga meyakinkan penduduk di Zamboanga, bahwa pemerintahannya memiliki sumber daya yang cukup untuk membantu mereka dan merehabilitasi kota. Aquino mengatakan, bahwa pemerintah Filipina akan mengucurkan USD89,32 juta untuk rehabilitasi dan pekerjaan bantuan di kota. Aquino telah di Kota Zamboanga sejak akhir pekan lalu, dan akan terus berada di sana sampai krisis ini berakhir.

Sebelumnya, pada 9 September silam, sekitar 200 anggota MNLF memasuki Kota Zamboanga untuk mengklaim kemerdekaan mereka. Sejak itu, 80 anggota MNLF, 14 tentara Filipina, dan 4 warga sipil telah tewas dalam baku tembak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6052 seconds (0.1#10.140)