Polisi Bangladesh tembaki demonstran oposisi

Kamis, 19 September 2013 - 23:13 WIB
Polisi Bangladesh tembaki demonstran oposisi
Polisi Bangladesh tembaki demonstran oposisi
A A A
Sindonews.com – Polisi Bangladesh dilaporkan telah menembaki aktivis oposisi yang tengah berdemonstrasi di barat kota Mujibnagar, Kamis (19/9/2013). Akibat penembakan ini, seorang pengunjuk rasa tewas.

Aksi demonstrasi yang dilakukan untuk memprotes hukuman mati bagi seorang pemimpin partai Islam ini telah memasuki hari kedua. Menurut polisi, bentrokan di Kota Mujibnagar itu melibatkan sekitar 1.200 demonstran yang mempersenjatai diri mereka dengan tongkat.

Dalam aksi itu, pengunjuk rasa dilaporkan memblokir jalan tol. “Setidaknya 10 orang juga terluka, yang terdiri dari lima pengunjuk rasa dan lima petugas. Bentrokan terjadi setelah polisi mencoba membubarkan para aktivis dari partai Jamaat-e-Islami,” jelas Inspektur Polisi Aminur Rahman, seperti dikutip dari AFP.

"Mereka menyerang petugas, memaksa kita untuk menembak dengan senapan dan pistol. Lima demonstran terluka oleh peluru," kata Rahman. Ia menambahkan, bahwa sebuah van polisi juga dibakar oleh massa.

Kekerasan meletus di seluruh negeri dan sekolah-sekolah serta aktivitas bisnis telah ditutup sejak Jamaat-e-Islami menyerukan pemogokan selama 48 jam. Langkah ini diambil kubu oposisi, setelah pengadilan Bangladesh menjatuhkan hukuman mati kepada Abdul Quader Molla untuk kejahatan yang dilakukan selama perang kemerdekaan di era 1970-an.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7093 seconds (0.1#10.140)