Dihantam topan, 1.000 ton air nuklir Jepang cemari laut

Selasa, 17 September 2013 - 14:18 WIB
Dihantam topan, 1.000...
Dihantam topan, 1.000 ton air nuklir Jepang cemari laut
A A A
Sindonews.com - Operator pembangkit nuklir Fukushima, Jepang, pada Selasa (17/9/2013), mengatakan, pihaknya membuang lebih dari 1.000 ton air yang tercemar radioaktif nuklir Fukushima, ke laut. Tindakan itu dilakukan, setelah fasilitas reaktor nuklir Jepang itu dihantam topan Man-yi, kemarin.

Topan yang melanda wilayah Jepang kemarin, memicu hujan deras yang menyebabkan banjir di beberapa wilayah, termasuk kota kuno, Kyoto. Hujan tersebut juga merendam kawasan reaktor nuklir yang dioperasikan Tokyo Electric Power (Tepco). Akibatnya air beracun untuk mendinginkan reaktor nuklir yang bocor, mengalir ke laut.

”Pekerja mengukur tingkat radioaktif dari air yang terkumpul di dinding reaktor, mereka mecoba memompa kembali air ke dalam tangki,” kata seorang pejabat Tepco, seperti dikutip The International.

Pihak berwenang mengatakan, 1.130 ton air dengan kandungan strontium rendah, dilepaskan ke laut. Namun, pihak Tepco, mengatakan di salah satu situs, tindakan itu terpaksa dilakukan, karena kondisinya mengancam keselamatan pekerja.

Strontium adalah zat yang berpotensi menyebabkan kanker, jika dikonsumsi dan terakumulasi di tulang. Tepco juga membenarkan, sekitar 300 ton air tanah yang sedikit terkontaminasi radioaktif juga merembes ke lauta setiap hari.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4015 seconds (0.1#10.140)