Kongo kirim pasukan penjaga perdamaian ke CAR

Senin, 16 September 2013 - 18:27 WIB
Kongo kirim pasukan penjaga perdamaian ke CAR
Kongo kirim pasukan penjaga perdamaian ke CAR
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kongo mengirimkan kontingen kedua pasukan penjaga perdamaian ke Ibu Kota Republik Afrika Tengah (CAR), Bangui, untuk meningkatkan jumlah pasukan penjaga perdamaian di negara yang dilanda konflik, Minggu (15/9/2013).

Kepala Staf Umum tentara Kongo, Guy Blanchard mengatakan, sebanyak 200 perwira Kongo dari Angkatan Bersenjata Kongo (FAC) berangkat menuju Bagui untuk bergabung dengan 1.400 pasukan yang menjalankan Misi Konsolidasi Perdamaian di Republik Afrika (MICOPAX). Misi yang dicetus oleh Masyarakat Ekonomi Negara Afrika Tengah (ECCAS), akan segera berubah menjadi misi perdamian Afrika, Uni Afrika (AU) yang terdiri dari 3.600 pasukan.

"Pemerintah Kongo telah menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk memastikan misi yang Anda semua jalani selesai dengan baik. Oleh karena itu kami meminta Anda semua mencontohkan sikap sesuai kompetensi, disiplin, mengikuti etika, dan menjaga persatuan," ungkap Blanchard saat melepas keberangkatan kontigen Kongo.

"Anda adalah duta perdamaian, bukan duta kejahatan. Bertindaklah dengan manusiawi dalam melakukan intervensi. Jangan menambahkan penderitaan kepada rakyat CAR yang sudah banyak mengalami penderitaan. Anda semua harus ingat bahwa setiap perilaku penyimpang akan mendapat hukuman berat," imbuh Blanchard.

Ratusan pasukan Kongo tersebut akan ditempatkan di bawah komando Kapten Ange Wilfried Aboni Angoya dan bergabung dengan kontingen pertama yang berjumlah 150 kontingen pasukan Kongo lainnya. Mereka diberangkatkan dari Brazzaville menuju Bangui pada 27 Juli lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4096 seconds (0.1#10.140)