AL Mesir tangkap 2 nelayan Palestina

Minggu, 15 September 2013 - 19:39 WIB
AL Mesir tangkap 2 nelayan...
AL Mesir tangkap 2 nelayan Palestina
A A A
Sindonews.com - Angkatan Laut (AL) Mesir melepaskan tembakan ke arah kapal nelayan Palestina di lepas pantai selatan Jalur Gaza dan menangkap dua dari sejumlah nelayan di atas kapal tersebut. Demikian diungkapkan, gerakan Islam Hamas yang menguasai daerah kantung Palestina, Minggu(15/9/2013).

"Hamas mengutuk serangan dari kapal AL Mesir terhadap warga Pelestina di wilayah perairan Palestina dan mereka kemudian menangkap beberapa nelayan dari atas kapal tersebut," ungkap Juru Bicara Hamas, Sami Abu Zuhri dalam sebuah pernyataam .

Hal yang sama dilporkan sebuah sumber keamanan setempat, disebutkan, insiden penembakan tersebut terjadi di wilayah selatan perairan Gaza, Kota Rafah. Tidak ada korban tewas ataupun cedera dalam insiden tersebut.

Insiden penembakan oleh AL Mesir terhadap warga Palestina di perairan Palestina merupakan yang kedua kalinya. Insiden pertama terjadi pada 30 Agustus lalu. Menurut Hamas, AL Mesir menembak sebuah kapal nelayan Palestina hingga melukai dua nelayan, mereka juga menangkap lima nelayan dari atas kapal tersebut.

Insiden kali ini terjadi ditengah peningkatan hubungan antara Hamas dan Mesir sejak 31 Agustus lalu. Kementerian Luar Negeri Mesir menuduh Hamas menyerang sebuah pusat kebudayaan Mesir di Gaza dan menahan beberapa orang Mesir. Tidak terima dengan hal tersebut, Kamis (12/9/2013) kemarin untuk pertama kalinya dua tank tentara Mesir menyeberangi pagar perbatasan menuju ke Gaza.

Hubungan antara Mesir dan Hamas memburuk tajam sejak mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi digulingkan oleh pimpin militer Mesir pada 3 Juli lalu. Morsi yan masih mendekan dalam tahanan, dituduh berkolusi dengan Hamas dalam pembobolan penjara dan membunuh polisi selama pemberontakan terhadap Presiden Mesir sebelumnya, Hosni Mubarak pada 2011 lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)