Jepang akhirnya sukses luncurkan roket murah

Sabtu, 14 September 2013 - 14:25 WIB
Jepang akhirnya sukses...
Jepang akhirnya sukses luncurkan roket murah
A A A
Sindonews.com - Jepang akhirnya berhasil meluncurkan roket yang mereka klaim sebagai roket dengan biaya termurah, pada Sabtu (14/9/2013). Roket bernama Elipson itu, beberapa minggu lalu batal lepas landas pada detik ke-19 sebelum meluncur.

Kegagalan peluncuran roket kala itu, diklaim karena ada kesalahan pada komputer. Roket Elipson terbaru atau yang ketiga lepas landas dari pulau Kyushu menuju ke satelit ruang angkasa. Peluncuran roket itu disiarkan langsung oleh jaringan televisi Jepang.

Pada rekaman video tampak roket warna putih berbentuk pensil itu ditembakkan ke langit, setelah mengeluarkan asap berwarna abu-abu dan oranye, serta mengeluarkan lampu kilat.

Epsilon, seperti dikutip Reuters, adalah roket yang pertama yang didesain dengan program H2A, dan diperkenalkan pada 2001. Roket itu mengalami perbaikan, setelah para pejabat Jepang menyatakan program H2A memakan biaya yang mahal.

Roket itu membawa SPRINT-A , sebuah teleskop ruang angkasa pertama yang dirancang untuk mengamati planet-planet lain. Agen Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA) , mengatakan, biaya pembuatan dan peluncuran roket Epsilon sekitar 3,8 miliar yen (USD40 juta). Biaya itu lebih murah sepertiga dari biaya roket dengan program H2A.

”Roket setinggi sekitar 24 meter (80 kaki), ukurannya setengah dari ukuran roket dengan program H2A. Dapat dirakit dan bisa diluncurkan hanya dalam satu minggu, atau seperenam dari waktu yang dibutuhkan untuk roket dengan program H2A,” klaim pihak JAXA. JAXA mengatakan, kerja roket itu dipantau dengan komputer atau laptop tunggal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9312 seconds (0.1#10.140)