Bocoran NSA: Pemerintah AS sadap Google

Senin, 09 September 2013 - 12:04 WIB
Bocoran NSA: Pemerintah AS sadap Google
Bocoran NSA: Pemerintah AS sadap Google
A A A
Sindonews.com – Pemerintah AS diketahui telah menyadap jaringan komputer perusahaan internet, Google Inc dan perusahaan minyak negara Brazil, Petroleo Brasileiro (Petrobras) SA. Penyadapan yang dilakukan Pemerintah AS itu, menjadi laporan media Brazil, Globo.

Laporan penyadapan pemerintah terhadap Google, itu menyusul laporan bahwa Badan Kemanan Nasional (NSA) AS memata-matai Presiden Brazil dan Presiden Meksiko yang heboh pekan lalu.

Selain Google dan Petrobras, NSA juga menyadap sistem Telekomunikasi Keuangan Interbank Seluruh Dunia, dan sistem komunikasi yang dioperasikan oleh Kementerian Luar Negeri Perancis. Laporan media Brazil itu tidak mencantumkan kapan penyadapan NSA itu berlangsung.

Sumber media itu, berasal dari data yang diberikan mantan kontraktor NSA, Edward Snowden kepada jurnalis The Guardian, Glenn Greenwald. Dalam sebuah wawancara, Greenwald mengatakan, berbagai dokumen yang dia peroleh dari Snowden, memuat banyak informasi pribadi dari orang-orang yang tidak bersalah. ”Mereka tidak terkait dengan jariangan terorisme, atau isu-isu industri yang penting untuk publik,” kata Greenwald, seperti dikutip Reuters, Senin (9/9/2013).

Petrobras , tidak menanggapi permintaan konfirmasi dari Reuters, kemarin. Sedangkan juru bicara untuk Google, tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar. Para pejabat di Kedutaan Besar Perancis di Brazil juga tidak bisa dihubungi.

Sementara itu, James Clapper, Direktur Intelijen Nasional AS, mengatakan, badan-badan AS yang mengumpulkan informasi tentang ekonomi dan masalah keuangan itu, digunakan untuk memerangi teroris atau masalah yang menganggu pasar keuangan. ”Apa yang tidak kita lakukan?,” kata Clapper dalam sebuah pernyataan. ”Itu adalah kemampuan intelijen asing.”
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6184 seconds (0.1#10.140)