Iran sita 1,2 ton narkotika

Sabtu, 07 September 2013 - 21:19 WIB
Iran sita 1,2 ton narkotika
Iran sita 1,2 ton narkotika
A A A
Sindonews.com - Pasukan Iran anti-narkotika Iran berhasil menyita lebih dari 1.200 kilogram obat-obatan terlarang dalam dua operasi terpisah di selatan Kota Kahnouj, Sabtu (7/9/2013). Demikian diungkapkan, Komandan Kepolisian wilayahKahnouj, Kolonel Polisi Abbas Khakinahad, Sabtu (7/9/2013).

"Kami telah menemukan dan menyita lebih dari 1,2 ton narkotika dari pengedar narkoba dalam dua operasi terpisah," ungkap Khakinahad.

"Dalam operasi pertama, aparat berhasil menyita 300 kilogram opium dari dalam sebuah mobil Peugeot di jalan Kahnouj-Roudbar," imbuhnya.

Khakinahad melanjutkan, operasi kedua dilakukan oleh aparat kepolisian Kahnouj di antara Kahnouj-Roudbar. Dalam operasi tersebut aparat berhasil menemukan dan menyita 902 kilogram opium.

Wilayah timur Iran berbatasan dengan Afghanistan, negara merupakan produsen opium nomor satu terbesar di dunia. Letak Iran yang strategis dan berbatasan langsung dengan Afghanistan menjadikan wilayah Iran sebagai lokasi favorit penyelundupan narkotika menuju Eropa.

Pemerintah Iran telah menghabiskan miliaran dolar dan telah kehilangan ribuan tentara polisi dalam perang melawan pedagang narkotika. Menurut perkiraan resmi, pemerintah Iran menderita kerugian sebesar USD 1 miliar pertahun untuk perang melawan narkoba. Salah satu strategi Iran untuk memerangi narkotika dalah dengan menggali kanal, membangun hambatan dan menginstal kawat berduri untuk menutup perbatasan wilayah timur.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5309 seconds (0.1#10.140)