Tersandung kasus korupsi, pengawas BUMN China dipecat

Selasa, 03 September 2013 - 13:44 WIB
Tersandung kasus korupsi, pengawas BUMN China dipecat
Tersandung kasus korupsi, pengawas BUMN China dipecat
A A A
Sindonews.com – Pemerintah China telah memecat seorang pejabat tinggi yang bertanggung jawab untuk mengawasi BUMN, karena tengah diselidiki untuk kasus korupsi. Demikian laporan media setempat, Selasa (3/9/2013).

Pejabat tinggi bernama Jiang Jiemin itu, resmi dipecat dari kantornya. ”Karena ada dugaan pelanggaran disiplin yang serius,” tulis kantor berita Xinhua, mengutip pihak berwenang.

Jiang belum memberikan komentar, soal kasus dugaan korupsi yang telah membuatnya kehilangan pekerjaan penting di kantor badan usaha milik negara (BUMN) di China.

Pihak berwenang China mengumumkan, bahwa mereka menyelidiki Jiang pada hari Minggu lalu. Jiang adalah kepala Pengawasan Aset Milik Negara dan Komisi Administrasi (SASAC) .

Sebelumnya , ia memimpin China National Petroleum Corporation (CNPC) atau perusahaan minyak nasional China . Empat eksekutif CNPC juga sedang diselidiki untuk kasus korupsi.

Presiden China, Xi Jinping, telah menjelaskan, bahwa pemberantasan korupsi menjadi prioritas pemerintahannya. Dia memperingatkan bahwa suap oleh beberapa anggota partai dan kader menjadi tantangan berat untuk kekuasaan Partai Komunis.

Beberapa pejabat tinggi telah diusir dari partai itu, karena diduga terlibat kasus korupsi. Pada bulan Juli 2013, mantan Menteri Kereta Api, Liu Zhijun diberi hukuman mati, tapi ditangguhkan untuk korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Sedangkan Liu Tienan, yang sebelumnya wakil kepala Pembangunan Nasional dan Komisi Reformasi, juga dipecat pada bulan Agustus 2013, karena juga sedang diselidiki aparat hukum China.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5001 seconds (0.1#10.140)