Konvoi NATO diserang bom, 4 warga Afghanistan tewas

Rabu, 28 Agustus 2013 - 20:26 WIB
Konvoi NATO diserang bom, 4 warga Afghanistan tewas
Konvoi NATO diserang bom, 4 warga Afghanistan tewas
A A A
Sindonews.com - Seorang pelaku bom bunuh diri yang mengendarai sebuah mobil yang sarat akan muatan bahan peledak, dengan sengaja menabrak konvoi tentara asing di Afghanistan selatan, Rabu (28/8/2013).

"Empat warga sipil dan 15 terluka dalam sebuah serangan yang dilancarkan terhadap konvoi pasukan yang dipimpin oleh NATO. Konvoi itu tengah melintas di jalan utama dekat markas polisi di Ibu Kota Lashkar Gah, Provinsi Helmand," ungkap Juru Bicara Provinsi Helmand, Omar Zuwak tanpa merinci informasi korban dari pihak asing.

Belum ada tanggapan dari pasukan Bantuan Keamanan Internasional NATO (ISAF) terkait tentang serangan itu. Hingga saat ini, belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, tapi Taliban seringkali dipersalahkan atas setiap serangan bom bunuh diri.

Seperti diketahui, awal April lalu gerilyawan Taliban memulai operasi tahunan, mereka mengancam akan melancarkan serangan terhadap tentara Afghanistan, pasukan asing, orang-orang yang bekerja untuk pemerintah dan semua yang mereka anggap sebagai target sah serangan mereka.

Menurut laporan PBB yang dirilis di Kabul awal Juli lalu, sebanyak 1.319 warga sipil dilaporkan tewas, sementara 2.533 orang lainnya menderita luka-luka akibat sejumlah aksi kekerasan terkait konflik sepanjang kurtal pertama tahun 2013. Dari jumlah itu, 74 persen korban tewas adalah warga sipil.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5992 seconds (0.1#10.140)
pixels