Lagi, Jepang gagal luncurkan roket

Selasa, 27 Agustus 2013 - 13:57 WIB
Lagi, Jepang gagal luncurkan roket
Lagi, Jepang gagal luncurkan roket
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Jepang kembali gagal meluncurkan roket barunya, Selasa (27/8/2013). Kegagalan peluncuran roket itu untuk kesekian kalinya, setelah 12 tahun terakhir.

Kegaglan peluncuran roket Epsilon hari ini adalah kegagalan yang kedua kalinya pada bulan ini. Badan Antariksa Jepang (JAXA), mengatakan, peluncuran roket Epsilon ditunda pada detik ke-19 menjelang lepas landas. Media Jepang menulis, kegagalan itu karena ada ”ketidakteraturan”.

Nama roket Epsilon diambil dari nama pada huruf abjad kelima Yunani. Roket itu memiliki tinggi 24,4 meter, dengan berat 91 ton. Roket Epsilon terbaru itu juga disebut-sebut sebagai roket dengan biaya termurah.

Rencananya, Roket Epsilon akan membawa teleskop ke ruang angkasa untuk pengamatan tata surya. Para analis mengatakan, tidak jelas berapa banyak kerugian akibat kegagalan proyek ruang angkasa untuk memenuhi ambisi Jepang untuk membuat industri peluncuran satelit internasional.

”Ini adalah penerbangan pertama dan itu sudah ditunda sekali dan sekarang akan ditunda lagi,” kata Yukihiro Kumagai, seorang analis pada sekuritas Jefferies & Co, di Tokyo, seperti dikutip Reuters.

”Tak pelak lagi, hal ini akan menimbulkan beberapa pertanyaan, tapi secara keseluruhan itu tidak mungkin berpengaruh banyak,” lanjut Kumagai yang mencatat, bahwa Epsilon tidak dijadwalkan untuk penerbangan lain hingga 2015.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6179 seconds (0.1#10.140)