Al-Qaeda luncurkan serangan bom, 12 Taruna AU Yaman tewas

Senin, 26 Agustus 2013 - 01:21 WIB
Al-Qaeda luncurkan serangan bom, 12 Taruna AU Yaman tewas
Al-Qaeda luncurkan serangan bom, 12 Taruna AU Yaman tewas
A A A
Sindonews.com – Sebuah kelompok yang berafiliasi dengan al-Qaeda melancarkan serangan bom yang mengenai bus di dekat pangkalan Angkatan Udara di Ibu Kota Yaman, Sanaa, Minggu (25/8/2013). Serangan ini sedikitnya menewaskan 12 Taruna Angkatan Udara.

"Sebuah bus yang membawa setidaknya 24 taruna Angkatan Udara meledak di jalan utama. Bus itu menuju ke pangkalan Angkatan Udara di Sanaa. Serangan ini menewaskan sedikitnya 12 kadet," kata seorang pejabat Angkatan Udara Yaman pada Xinhua.

"Penyelidikan awal menunjukkan, bahwa bahan peledak itu kemungkinan dipadang di dalam bus atau dilemparkan ke sisi jalan, tepat ketika bus itu melaju,” lanjut perjabat yang tak disebutkan namanya itu.

Pasukan keamanan telah mengepung lokasi pengeboman dan mengirim mereka yang terluka ke rumah sakit militer terdekat. Pejabat itu mengatakan, korban cedera berada dalam kondisi kritis dan jumlah korban tewas mungkin meningkat.

Sementara itu, al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) mengaku bertanggungjawab atas serangan itu, seusai dengan sebuah pernyataan eksklusif diterima oleh Xinhua. "Itu adalah respon pertama dari kami (AQAP) terhadap pernyataan Presiden Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi, di mana ia memuliakan serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat di Yaman dan berjanji akan ada pembunuhan lagi," kata pernyataan itu.

Selama pertemuan pada pertengahan pekan lalu di Sanaa, Hadi mengatakan, bahwa 40 anggota al-Qaeda tewas dalam operasi kontraterorisme terakhir. Hadi bersumpah untuk terus berjuang memberantas kaum militan Islamis sampai mereka meletakkan senjata mereka.

"Kami akan memaksa al-Qaeda untuk meninggalkan senjata mereka dan menganggap diri mereka untuk menjadi bagian dari orang-orang Yaman, bukan musuh rakyat Yaman," kata Hadi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6286 seconds (0.1#10.140)