Beirut dihantam bom mobil, 18 tewas

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 11:47 WIB
Beirut dihantam bom mobil, 18 tewas
Beirut dihantam bom mobil, 18 tewas
A A A
Sindonews.com – Sebuah bom mobil berkekuatan besar meledak dan menewaskan sedikitnya 18 orang pada Kamis (15/8/2013), di daerah kaum Syiah, Libanon. Sebuah kelompok yang sebelumnya tidak diketahui, namun diyakini sebagai salah satu sel pemberontak Suriah menyatakan melakukan serangan itu.

Palang Merah Libanon mengatakan, sedikitnya 18 orang tewas dan 245 lainnya luka-luka dalam serangan yang terjadi di daerah antara Bir al-Abed dan Rweiss, lingkungan Beirut selatan. Ledakan ini mengakibatkan kerusakan berat pada sejumlah bangunan dan membakar beberapa mobil.

Ledakan itu terjadi sehari setelah pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, mengatakan, kalau kelompok militan mengambil langkah-langkah untuk menjamin keamanan dari pinggiran selatan, setelah bom mobil yang terjadi pada 9 Juli di Bir al-Abed.

Seorang saksi mengatakan kepada saluran televisi Lebanon, bahwa ia melihat sebuah mobil van melintasi daerah itu sebanyak tiga kali, sebelum akhirnya sang supir menemukan tempat parkir dan meninggalkan mobil berisi bom itu.

Petugas pemadam kebakaran menggunakan tangga untuk membantu warga melarikan diri rumah mereka. Pasukan keamanan Hizbullah dikerahkan dalam jumlah besar di sekitar lokasi kejadian. "Terorisme telah menyerang pinggiran selatan lagi," kata stasiun televisi Al-Manar.

Hizbullah adalah pendukung utama Presiden Suriah Bashar al-Assad dan pada tahun ini mengirimkan pejuang melintasi perbatasan untuk memperkuat pasukan pemerintah Suriah yang telah berjuang melawan kaum pemberontak sejak Maret 2011.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3072 seconds (0.1#10.140)