Ikhwanul Muslimin tuduh polisi Mesir tembaki demonstran

Rabu, 14 Agustus 2013 - 04:21 WIB
Ikhwanul Muslimin tuduh polisi Mesir tembaki demonstran
Ikhwanul Muslimin tuduh polisi Mesir tembaki demonstran
A A A
Sindonews.com – Ikhwanul Muslimin menyatakan pada Selasa (13/8/2013), bahwa polisi Mesir berpakaian preman telah menembaki salah satu pawai pendukung presiden terguling Mohamed Morsi di Kota Kairo. Insiden ini dilaporkan telah melukai lima orang.

Seperti dikutip dari Reuters, sebuah sumber keamanan mengatakan, tujuh demonstran pro Morsi terluka, tetapi tidak jelas siapa yang melepaskan tembakan ke arah kerumunan demonstran.

Penembakan itu dapat mengobarkan perpecahan politik, di mana selama ini pendukung Morsi yang didominasi kalangan Ikhwanul Muslimin kerap melakukan aksi protes damai, dengan melakukan pawai dan aksi duduk.

Namun, tak jarang aksi demonstrasi damai ini berujung bentrok. Picunya adalah sikap bermusuhan yang ditunjukkan kubu penentang Morsi, di mana mereka acap kali memancing keributan dengan pendukung Morsi. Pendukung Morsi memenuhi kamp-kamp protes di Kairo, seperti di al-Nahda Square dan sekitar Masjid Rabaa al-Adawiya.

Sebuah inisiatif telah dilontarkan oleh Al-Azhar, otoritas keagamaan di Mesir. Inisiatif dialog ini dilayangkan Al-Azhar untuk menyelesaikan krisis. Partai Nour, kelompok Islam terbesar kedua di Mesir, meramalkan bahwa pembicaraan yang didukung Al-Azharakan segera terjadi.

Sementara Ikhwanul Muslimin mengirimkan sinyalemen untuk mengambil bagian dalam dialog itu, selama mereka berada dalam posisi yang tepat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6883 seconds (0.1#10.140)