Unta diduga jadi penyebar virus mematikan di Saudi

Jum'at, 09 Agustus 2013 - 18:45 WIB
Unta diduga jadi penyebar...
Unta diduga jadi penyebar virus mematikan di Saudi
A A A
Sindonews.com – Para ilmuwan mengatakan, virus mematikan bernama Coronavirus (Mers-COV) yang menyebabkan demam, batuk dan pneumonia pada orang-orang di Arab Saudi, diduga disebabkan oleh unta berpunuk satu. Virus itu juga menyerang warga di wilayah Teluk, Perancis, Jerman, Italia, Tunisia dan Inggris.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan 46 orang tewas dari total 94 kasus yang dikonfirmasi. Mayoritas kasus terjadi di Arab Saudi.

”Seperti kasus baru Mers-COV yang menyerang manusis terus muncul, tanpa petunjuk apapun tentang sumber infeksi kecuali orang-orang yang menangkapnya dari pasien lain,” kata kata Chantal Reusken dari Institut Nasional untuk Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan di Bilthoven, Belanda, yang memimpin penelitian, seperti dikutip Reuters, Jumat (9/8/2013).

”Hasil penelitian ini baru menunjukkan, bahwa unta dromedaris mungkin salah satu penyebabnya,” lanjut Chantal Reusken. ”Ada berbagai jenis kontak manusia dengan hewan ini hewan yang dapat menyebabkan penularan virus.”

WHO mengapresiasi penelitian itu. Tapi mereka tidak memberikan gambaran apa pun, perihal bagaimana manusia bisa terinfeksi. Juru bicara WHO, Tarik Jasarevic, mengatakan, kebanyakan orang yang terkena virus itu terinfeksi melalui orang lain. Ia belum yakin orang yang terkena virus itu karena memiliki riwayat kontak dengan unta.

”Apa yang ditunjukkan dalam penelitian ini adalah antibodi dalam unta, yang berarti bahwa unta telah terinfeksi virus dalam waktu tertentu dan menghasilkan antibodi,” imbuh dia dalam jumpa pers Jumat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0705 seconds (0.1#10.140)