Jika dapat suaka, Snowden bisa tinggal di penampungan sementara

Selasa, 30 Juli 2013 - 08:49 WIB
Jika dapat suaka, Snowden bisa tinggal di penampungan sementara
Jika dapat suaka, Snowden bisa tinggal di penampungan sementara
A A A
Sindonews.com – Buronan intelijen Amerika Serikat (AS), Edward Snowden, bisa tinggal di tempat penampungan pengungsi sementara di luar Kota Moskow, jika permintaan suakanya disetujui. Demikian dinyatakan oleh Layanan Migrasi Federal Rusia (FMS), Senin (29/7/2013).

"Masalahnya adalah, bahwa tidak ada pusat menampung pengungsi di Moskow," kata Kepala Departemen FMS Moskow, Olga Kirillova dalam konferensi pers, seperti dikutip dari Xinhua. Bandara Sheremetyevo, di mana Snowden tinggal selama satu bulan terakhir, secara administratif terletak di wilayah Moskow.

"Dia telah mengajukan permohonan pada unit Dinas Migrasi Federal Moskow," kata Kirillova. "Saya tidak bisa mengatakan, di mana ia dapat ditempatkan," lanjutnya. Pemerintah Rusia memang memberi kesempatan bagi Snowden untuk tinggal di wilayahnya.

Vladimir Volokh, Kepala Dewa Publlik FMS mengatakan pada pekan lalu, bahwa Snowden bisa terjebak di Bandara Sheremetyevo selama setengah tahun, sementara status hukumnya itu diklarifikasi.

"Hukum Rusia tidak menetapkan durasi waktu bagi warga negara asing untuk dapat tinggal di zona transit bandara atau kewajiban untuk tinggal di zona perjalanan tanpa dokumen," kata Departemen Kehakiman Rusia dalam sebuah pernyataan.

Menurut FMS, sudah ada 276 orang yang mengajukan permohonan suaka sementara dalam enam bulan pertama tahun ini. Dari jumlah itu, 123 permintaan telah disetujui.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6180 seconds (0.1#10.140)