Menteri kulit hitam Italia dilempar pisang

Minggu, 28 Juli 2013 - 04:33 WIB
Menteri kulit hitam Italia dilempar pisang
Menteri kulit hitam Italia dilempar pisang
A A A
Sindonews.com – Menteri kulit hitam pertama Italia, Cecile Kyenge, menjadi target penghinaan rasis, sejak pengangkatannya pada April silam. Insiden ini terjadi ketika ia tengah berpidato di rapat umum politik di Cervia, Italia tengah, Jumat (26/7/2013).

Seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (27/7/2013), saat Kyenge yang lahir di Republik Demokratik Kongo berada di atas podium, seseorang penonton melemparkan pisang ke arah panggung. Meski diwarnai pelecehan rasis, Kyenge tetap melanjutkan pidatonya. Ia baru menyikapi insiden ini melalui akun Twitter-nya.

Kyenge menyebut insiden ini sebagai tindakan "menyedihkan" dan membuang-buang makanan, mengingat krisis ekonomi tengah melanda Italia. "Keberanian dan optimisme untuk mengubah hal-hal yang harus datang di atas semua, dari bawah ke atas untuk mencapai lembaga," tambahnya.

Kyenge memang telah membuat marah kelompok-kelompok sayap kanan di Italia, akibat kampanyenya yang menginginkan kemudahan bagi imigran untuk mendapatkan kewarganegaraan Italia.

Sesaat sebelum kejadian, para anggota kelompok sayap kanan, Forza Nuova, meninggalkan manekin berlumuran darah palsu di lokasi reli, di Cervia. Tindakan ini dilakukan sebagai protes terhadap usulan Kyenge agar orang yang lahir di tanah Italia mendapat status sebagai warga negara.

Beberapa politisi, termasuk teman-temannya di pemerintahan Perdana Menteri Enrico Letta, menanggapi insiden pelecehan rasis ini dengan pesan dukungan dan kecaman pada pelaku.

Menteri Lingkungan Italia, Andrea Orlando mengatakan di Twitter, ia merasa "begitu marah atas tindakan rendahan". Sementara Menteri Pendidikan Italia, Maria Chiara Carrozza, memuji Kyenge untuk keberanian dan tekad rekannya itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6602 seconds (0.1#10.140)