Myanmar bebaskan 70 tahanan politik

Selasa, 23 Juli 2013 - 23:35 WIB
Myanmar bebaskan 70...
Myanmar bebaskan 70 tahanan politik
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Myanmar sepakat untuk membebaskan sekitar 70 tahanan politik pada Selasa (23/7/2013). Sebelumnya, Presiden Myanmar, Thein Sein, telah berjanji untuk membebaskan semua pembangkang pada akhir tahun ini.

"Presiden telah menandatangani amnesti bagi sekitar 70 tahanan politik di seluruh negeri," kata Hla Maung Shwe, seorang pejabat senior di Peace Center Myanmar pada AFP.

Langkah tersebut dalah gerakan reformasi terbaru yang dilakukan oleh Thein Sein, yang telah membawa periode perubahan besar di negeri itu. Namun, keputusan ini disambut dengan hati-hati oleh para aktivis, yang khawatir bahwa pihak berwenang akan terus mengadili para pembangkang.

Kelompok HAM memperkirakan, saat ini ada antara sekitar 100 hingga 150 tahanan politik di Myanmar. Para aktivis menyambut gembira pembebasan ini, tapi tetap menyuarakan keprihatinan atas penangkapan baru yang terjadi di Myanmar.

"Bahkan jika kami menyambut rilis ini, kami sangat khawatir karena dari percobaan baru, mereka terus mengirim (tahanan politik) baru ke penjara," kata Bo Kyi, aktivis dari Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (Burma) yang berbasis di Thailand.

Ia mengatakan, sekitar 80 pembangkang yang telah dijatuhi hukuman, saat ini tetap ditahan. Menurut perkiraannya, ada lebih dari 70 orang yang menunggu persidangan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0855 seconds (0.1#10.140)