Suriah tembakan roket ke Libanon

Kamis, 18 Juli 2013 - 18:38 WIB
Suriah tembakan roket ke Libanon
Suriah tembakan roket ke Libanon
A A A
Sindonews.com - Angkatan Udara (AU) Suriah melancarkan serangan udara ke wilayah timur Libanon, tepatnya ke Arsal, wilayah yang dikuasai oleh kelompok pendukung pemberontak Suriah, Kamis (18/7/2013).

"Sebuah helikopter melakukan pelanggaran atas wilayah kedaulatan Libanon. Tidak berhenti sampai di sana, helikopter itu kemudian menembakan empat roket pada pukul 1.30 pagi ini," ungkap sumber keamanan Libanon kepada AFP.

"Dua dari roket itu meledak dan menyebabkan kehancuran, tapi tidak sampai memakan korban jiwa," lanjut sumber itu.

Arsal adalah wilayah yang dihuni pengikut Sunni Libanon, mereka bersimpati kepada kelompok pemberontak di Suriah. Wilayah ini strategis, sebab telah menjadi titik transit bagi pengungsi, pemberontak dan senjata mereka.

Wilayah itu sebelumnya sempat menjadi sasaran serangan AU Suriah pasa 12 Juni lalu. Pasukan keamanan Libanon tidak tinggal diam atas serangan ini, mereka mengancam akan melakukan serangan balik, jika serangan udara itu berlanjut.

Perang saudara di Suriah yang telah berlangsung selama hampir dua tahun memang telah memberikan dampak pada negara-negara tetangganya. Selain Libanon, negara tetangga lain yang juga merasakan dampak perang saudara Suriah adalah Israel dan Turki.

Artileri nyasar hasil dari perang saudara di Suriah, beberapa kali menerobos masuk ke wilayah Israel dan Turki. Teraktual, sejumlah tank milik militer Israel melepaskan tembakan ke wilayah perbatasan Suriah, di Dataran Tinggi Golan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5286 seconds (0.1#10.140)