Kapal karam di Pulau Christmas, 4 pencari suaka tewas

Rabu, 17 Juli 2013 - 20:08 WIB
Kapal karam di Pulau...
Kapal karam di Pulau Christmas, 4 pencari suaka tewas
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 144 pencari suaka dari Afghanistan, Pakistan, Iran, dan Irak dilaporkan selamat, setelah kapal yang mereka tumpangi terbalik di dekat Pulau Christmas, Australia, Selasa (16/7/2013). Pemerintah Australia mangatakan, ratusan orang itu diselamatkan oleh Angkatan Laut Australia.

"Sebanyak empat pencari suaka tewas dalam insiden itu," ungkap Komandan Komando Perlindungan Perbatasan David Johnston saat menggelar konerensi pers bersama Menteri Dalam Negeri Australia, Jason Clare pada konferensi pers di Sydney, Rabu (17/7/2013).

"Sangat mengerikan, saat kami menapat kabar bahwa ada kapal yang terbalik ataupun mendapatkan kesulitan," ungkap Johnston. "Menyelamatkan nyawa 144 orang itu di tengah kondisi buruk seperti kemarin adalah sebuah pekerjaan yang luar biasa dan saya memberikan pujian yang tak terbatas pada tim penyelamat," lanjutnya.

Clare mengatakan, jauh lebih mudah berbicara tentang upaya penyelamatan itu ketimbang menghadapi situasi yang sebenarnya di laut lepas. "Saat ombak menabrak kayu dan membuat kapal itu karam di tengah lautan," ujarnya.

Ratusan pencari suaka tenggelam dalam pelayaran yang berbahaya menuju Australia dalam beberapa tahun terakhir. Tercatat, lebih dari 13 ribu pencari suaka tiba di Australia dengan perahu sejak 1 Januari 2013.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3288 seconds (0.1#10.140)