Singapura-AS kembali gelar latihan gabungan maritim

Senin, 15 Juli 2013 - 22:38 WIB
Singapura-AS kembali...
Singapura-AS kembali gelar latihan gabungan maritim
A A A
Sindonews.com – Singapura dan Amerika Serikat (AS) kembali menggelar latihan gabungan maritim pada 15-26 Juli. Ini adalah kali ke-19 kedua negara melakukan latihan maritim gabungan, sejak 1995 silam.

Latihan gabungan kali ini diberi nama Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT). Latihan ini dibuka di Changi Naval Base dan diresmikan oleh Panglima Armada Laksamana (RADM) Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) Timotius Lo, Senin (15/7/2013) pagi.

Dari pihak AS, hadir Komandan Angkatan Laut AS (USN), Grup Logistik Pasifik Barat (RADM), Thomas F. Carney.

Kementerian Pertahanan Singapura mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa latihan tahun ini akan difokuskan pada sejumlah hal. “Latihan akan fokus pada penajaman kemampuan perang maritim konvensional, seperti anti-air, anti-permukaan dan kemampuan anti-kapal selam, serta operasi udara maritim," jelas kementerian itu, seperti dikutip dari Xinhua.

Latihan gabungan kali ini akan melibatkan 1.400 personel dari kedua belah pihak. Lima kapal, kapal selam, sebuah helikopter angkatan laut dan tujuh pesawat milik Singapura, akan dilibatkan dalam latihan gabungan ini.

Sedangkan AS akan mengerahkan tiga kapal, termasuk yang baru dikerahkan USN, yakni Littoral Combat Ship USS Freedom, kapal selam, sebuah helikopter angkatan laut, dan pesawat terbang.

“Rangkaian latihan maritim bilateral tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas dan kerjasama profesional antara pasukan Singapura dan AS,” lanjut pernyataan kementerian itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0679 seconds (0.1#10.140)