Kepala Pentagon Berbincang Singkat dengan Menhan China di Singapura

Sabtu, 03 Juni 2023 - 18:30 WIB
loading...
Kepala Pentagon Berbincang Singkat dengan Menhan China di Singapura
Kepala Pentagon Berbincang Singkat dengan Menhan China di Singapura. FOTO/Reuters
A A A
SINGAPURA - Kepala pertahanan Amerika Serikat (AS) dan China berbicara singkat pada Jumat (2/6/2023 Juni), ketika perdana menteri Australia meminta kedua kekuatan dunia itu untuk membuka kembali "saluran komunikasi yang andal dan terbuka".

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin dan timpalannya dari China Li Shangfu berbicara singkat di sebuah forum keamanan di Singapura, kata Pentagon. Percakapan ini terjadi setelah Beijing menolak undangan untuk pertemuan formal.



Austin dan pejabat AS lainnya telah bekerja untuk menopang aliansi dan kemitraan di Asia untuk melawan China, tetapi ada juga tanda-tanda tentatif bahwa kedua belah pihak sedang bekerja untuk memperbaiki hubungan mereka.

AS telah mengundang Shangfu untuk bertemu Austin di sela-sela forum keamanan Dialog Shangri-La di Singapura, tetapi China menolak.

“Austin dan Li berbicara singkat pada makan malam pembukaan Dialog Shangri-La di Singapura malam ini. Kedua pemimpin berjabat tangan, tetapi tidak melakukan pertukaran substantif," kata juru bicara Pentagon, Brigadir Jenderal Pat Ryder dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP.



Ryder menambahkan, bahwa Pentagon percaya dalam mempertahankan jalur komunikasi terbuka, "dan akan terus mencari diskusi militer-ke-militer yang bermakna di berbagai tingkatan untuk mengelola hubungan secara bertanggung jawab".

Shangfu dikenai sanksi oleh pemerintah AS pada 2018 karena membeli senjata Rusia, tetapi Pentagon mengatakan hal itu tidak menghalangi Austin untuk melakukan bisnis resmi dengannya.

Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan, baik bagi keduanya untuk berbicara, tetapi "jabat tangan saat makan malam bukanlah pengganti untuk duduk dan melakukan pertukaran yang berarti".



"Lain kali mereka bertemu satu sama lain, itu harus untuk dialog yang serius dan substantif - dan Sekretaris Austin akan berbicara lebih banyak tentang mengapa ini penting ketika dia berbicara pada sesi pleno pertama Dialog besok," lanjut pernyataan tersebut.

Hubungan antara Washington dan Beijing terpecah karena beberapa masalah termasuk Taiwan, yang dianggap China sebagai wilayahnya, dan penembakan balon mata-mata China yang diduga terbang di atas Amerika Serikat tahun ini.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)