ElBaradei dilantik menjadi Wapres Mesir

Minggu, 14 Juli 2013 - 21:11 WIB
ElBaradei dilantik menjadi Wapres Mesir
ElBaradei dilantik menjadi Wapres Mesir
A A A
Sindonews.com - Tokoh liberal sekaligus mantan ketua Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Mohammed ElBaradei hari ini dilantik menjadi Wakil Presiden sementara Mesir dan akan menangani berbagai masalah luar negeri Mesir, demikian dilaporkan lembaga kepresidenan Mesir, Minggu (14/3/2013).

Mantan kepala IAEA yang pernah meraih nobel perdamaian ini sebelumnya akan ditetapkan menjadi pemimpin kabinet pemerintahan Mesir, namun pencalonanya ditolak oleh partai ultra konserfatid Salidu al-Nur.Sepekan yang lalu, Presiden sementara Mesir, Adly Mansour dikabarkan akan menunjuk ElBaradei untuk menjadi Perdana Menteri (PM) sementara Mesir.

Kabar itu muncul setelah Mansour melakukan pembicaraan dengan gerakan Tamarod, kelompok yang telah melakukan rekayasa penggulingan Morsi. Kabar pengangkatan itu dikonfirmasi oleh sumber militer Mesir dan disambut gembira oleh sejumlah penentang Morsi yang berkumpul di sekitar Istana Kepresidenan Ittihadiya di Ibu Kota Mesir.

Mereka bersorak-sorai, melambaikan bendera Mesir dan membunyikan klakson. ElBaradei (71) kembali ke Mesir pada 2010 lalu, sejak itu dia menjadi veteran yang paling kuat menentang kekuasaan Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak, hingga akhirnya dia digulingkan pada 2011 lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4261 seconds (0.1#10.140)