Penentang gay California minta pembatalan pernikahan sejenis

Sabtu, 13 Juli 2013 - 13:04 WIB
Penentang gay California minta pembatalan pernikahan sejenis
Penentang gay California minta pembatalan pernikahan sejenis
A A A
Sindonews.com – Kelompok anti-pernikahan gay, meminta Pengadilan Tinggi California untuk membatalkan pelegalan pernikahan sesama jenis yang difatwakan Mahkamah Agung AS. Dikutip Reuters, Sabtu (13/7/2013), mereka tetap menganggap Proposisi 8 tahun 2008 yang melarang perkawinan sejenis tetap berlaku.

Bulan lalu Mahkamah Agung AS, memutuskan melegalkan perkawinan sejenis di 13 negara bagian di AS. Mahkamah Agung juga memutuksan kelompok penentang perkawinan sejenis tidak memiliki hak untuk mengajukan banding.

Namun kelompok anti-perkawinan sejenis itu tetap mengajukan banding di Pengadilan Tinggi California dengan acuan Proposisi 8. Mereka yang tergabung dalam Kelompok Protectmarriage.com meminta Mahkamah Agung California untuk segera memberitahukan ke pegawai kabupaten untuk tetap memberlakukan Proposisi 8 dan menghentikan pemberian izin pernikahan sejenis.

”Hari ini pengajuan dilakukan para pendukung Proposisi 8 untuk menolak pasangan sesama jenis , tapi konstitusional melindungi hak-hak sipil. Kami akan terus melawannya,” kata Jaksa Agung California, Kamala Harris, dalam sebuah pernyataan.

Theodore Olson, yang mewakili pasangan gay yang menantang pengajuan Proposisi 8 di pengadilan menyebut tindakan itu sembrono.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4522 seconds (0.1#10.140)