Venezuela resmi tawarkan suaka pada Snowden

Sabtu, 06 Juli 2013 - 10:34 WIB
Venezuela resmi tawarkan...
Venezuela resmi tawarkan suaka pada Snowden
A A A
Sindonews.com - Presiden Venezuela Nicolas Maduro, pada Jumat (5/7/2013), resmi menawarkan suaka kemanusiaan kepada wshitleblower NSA yang diburu AS, Edward Snowden. Tawaran suaka dari Venezuela itu menjadi secercah harapan bagi Snowden yang geraknya tidak lagi bebas, gara-gara membocorkan program penyadapan AS berkode Prism itu.

Sebelum dapat tawaran suaka dari Venezuela, mantan karyawan CIA yang masih bertahan di Moskow setelah meninggalkan Hong Kong tersebut, juga pernah ditawari suaka oleh Presiden Niaragua, Daniel Ortega. Tapi selama dua Minggu, belum ada kejelasan.

”Sebagai Kepala Negara Republik Boliviarian Venezuela, saya telah memutuskan untuk menawarkan suaka kemanusiaan ke Snowden. Untuk melindungi pemuda ini dari penganiayaan yang dilakukan oleh dinasti paling kuat di dunia (AS),” kata Maduro, pada acara Hari Kemerdekaan, dikutip New York Times, Sabtu (6/7/2013).

Snowden, selama ini tidak bisa bebas mencari suaka ke berbagai negara, karena paspornya dicabut oleh negaranya sendiri, AS. Dia telah mengajukan permohonan suaka kepada 27 negara, tapi kebanyakan negara Eropa menolaknya.

”Saya mengumumkan, bahwa kami telah memutuskan untuk menawarkan perlindungan hak asasi manusia internasional, guna melindungi anak muda ini," kata Maduro, yang sebelumnya memang sudah mempertimbangkan untuk menawarkan suaka pada Snowden.

Sebelumnya, Ortega, di sebuah acara publik juga memberi sinyal untuk memberikan suaka pada Snowden. ”Kami terbuka, menghormati hak suaka, dan jika keadaan memungkinkan, kita akan menerima Snowden, dan memberinya suaka di sini, di Nikaragua.”
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7347 seconds (0.1#10.140)