Kebakaran hutan di Arizona tewaskan 19 petugas pemadam kebakaran

Senin, 01 Juli 2013 - 12:49 WIB
Kebakaran hutan di Arizona tewaskan 19 petugas pemadam kebakaran
Kebakaran hutan di Arizona tewaskan 19 petugas pemadam kebakaran
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 19 petugas pemadam kebakaran yang tengah berjuang memadamkan kobaran api di Bukit Yarnell, Arizona, Amerika Serikat (AS) dikonfirmasi tewas oleh pejabat keamanan Arizona, Senin (1/7/2013). Juru Bicara Departemen Kehutanan mengatakan, para petugas pemadam kebakaran itu terjebak di balik tenda yang menjadi pelindung dari kobaran api.

Kebakaran di Bukit Yarnell terjadi sejak Sabtu malam dan puncaknya terjadi pada akhir pekan kemarin. Suhu meningkat dengan tajam bersamaan dengan cepatnya gerakan kobaran api. Sebanyak 50 rumah di Buckhorn, Model Creek dan Double A Bar sejak Minggu (30/6/2013) pagi hangus terbakar.

Hingga saat ini, sebanyak 250 petugas pemadam kebakaran masih mencoba memadamkan kobaran api dari darat, sementara empat helikopter juga membantu pemadaman dari udara. Diperkirakan, setengah kota atau sekitar 500 rumah telah terbakar oleh api.

Petugas pemadam kebakaran Yarnell dalam situsnya mengaku curiga, kalau kebakaran ini dipicu oleh sambaran petir."Saat ini api telah menghanguskan lahan seluas 300 hektar dan terus meluas. Semua masyarakat diminta waspada akan kemungkinan datangnya badai," ungkap petugas pemadam kebakaran Yarnell.

Guna menghindari jatuhnya korban jiwa lebih banyak, sherif lokal telah memerintahkan warga setempat untuk mengungsi ke tempat penampungan yang telah didirikan oleh petugas palang merah di Universitas Yavaipai di Prescott. Selain itu, Pemerintah Arizona telah meminta bantuan kepada petugas federal untuk memberikan bantuan tambahan berupa 150 petugas pemadam kebakaran dan beberapa helikopter untuk memadamkan kobaran api.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4803 seconds (0.1#10.140)