Korut kerahkan peluncur roket ke wilayah perbatasan

Senin, 01 Juli 2013 - 02:43 WIB
Korut kerahkan peluncur roket ke wilayah perbatasan
Korut kerahkan peluncur roket ke wilayah perbatasan
A A A
Sindonews.com – Korea Utara (Korut) telah mengerahkan peluncur roket baru di sepanjang perbatasan dengan Korea Selatan (Korsel). Peluncur roket ini diyakini mampu menghantam sasaran di luar Seoul, sebut laporan kantor berita Korsel, Yonhap, Minggu (30/6/2013).

“Unit artileri Korut terlihat mengganti beberapa stasiun roket tua dengan versi terbaru dari senjata 240mm,” sebut laporan Yonhap yang mengutip seorang pejabat Pemerintah Korsel yang tidak disebutkan namanya.

Sumber itu mengatakan, beberapa peluncur roket baru dengan jangkauan maksimum 70 kilometer, dapat memperluas jangkauan rudal Korut hingga ke luar wilayah Seoul. Kementerian Pertahanan Korsel menolak untuk mengkonfirmasi laporan tersebut.

Saat ini, diyakini Korut memiliki 5.100 roket peluncur ganda. Negara komunis itu juga berupaya memperbarui beberapa peluncur roket utama mereka, langkah yang dianggap dapat menimbulkan ancaman keamanan serius bagi Korsel.

Warga di Seoul dan kota-kota yang berada di perbatasan kedua Korea, selalu hidup di bawah ancaman serangan roket dan artileri jarak jauh Korut. Pada 2010, Korut menggunakan beberapa peluncur roket untuk menyerang sebuah pulau Korsel, dekat perbatasan Laut Kuning yang disengketakan. Serangan ini menewaskan empat orang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6218 seconds (0.1#10.140)