Ditemukan, pemakaman mumi anggota kerajaan di Peru

Sabtu, 29 Juni 2013 - 18:16 WIB
Ditemukan, pemakaman mumi anggota kerajaan di Peru
Ditemukan, pemakaman mumi anggota kerajaan di Peru
A A A
Sindonews.com - Sejumlah arkeolog dari Polandia dan Peru telah menemukan sebuah ruang pemakaman kerajaan yang berisi 60 mumi dan sejumlah kebudayaan pra Inca yang disebut Wari. Kebudayaan Wari kabarnya mencapai puncak kejayaan antara abad 7-11.

"Ini adalah sebuah penemuan yang unik," ungkap Giersz Milosz dari arkeolog dari Universitas Warsawa, Jumat (28/6/2013). "Ini adalah penemuan makam kerajaan pertama di Peru yang berasal dari kebudayaan Wari yang belum banyak diketahui," imbuhnya.

Para arkeolog mengatakan, pemakaman kerajaan ini ditemukan di wilayah yang dikenal dengan nama El Castillo, sekitar 300 kilometer utara dari Ibu Kota Lima. Ruang makam itu ditemukan 2 meter dari dasar tanah dan ditutupi 33 ton kerikil.

Dalam ruang pemakaman selebar 17 meter persegi itu terdapat makam putri yang tak lain adalah istri kepala Wari. Dari puluhan mumi yang ditemukan, sebagian besar adalah mumi wanita, semua dikuburkan dalam posisi tegak dan diletakan sesuai pangkat.

Di antara puluhan mumi itu, termasuk tiga mumi putri, jasad mereka diletakan dalam keramik yang dihiasi banyak perhiasan perak dan emas.

Selain itu, para arkeolog juga menemukan 1.200 keping emas dan perak serta sejumlah benda keramik seperti pot, kendi, batu berukir, pisau upacara, dan sejumlah benda bersejarah lain yang usianya mencapai lebih dari 1.000 tahun.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5222 seconds (0.1#10.140)