Presiden Venezuela tawarkan suaka bagi Snowden

Jum'at, 28 Juni 2013 - 17:34 WIB
Presiden Venezuela tawarkan suaka bagi Snowden
Presiden Venezuela tawarkan suaka bagi Snowden
A A A
Sindonews.com – Presiden Venezuela Nicolas Maduro menegaskan tawarannya untuk memberikan suaka kepada buronan intelijen Amerika Serikat (AS), Edward Snowden. Maduro juga memuji Snowden sebagai "pemuda pemberani."

"Jika pria muda itu membutuhkan perlindungan kemanusiaan dan percaya bahwa dia bisa datang ke Venezuela, maka Venezuela siap untuk melindungi pemuda pemberani ini dengan cara kemanusiaan, sehingga manusia dapat mengetahui kebenaran dan penderitaannya bisa berakhir,” jelas Maduro, Kamis (27/6/2013), seperti dikutip dari Naharnet.

Maduro menggambarkan tindakan Snowden sebagai "pemberontakan kebenaran," dan wakil dari "sesuatu yang terjadi di kalangan pemuda Amerika." Meski Venezuela sudah menawarkan suaka, tapi nampaknya Ekuador akan menjadi tujuan paling memungkinkan bagi Snowden.

Meski begitu, Presiden Ekuador, Rafael Correa mengatakan, bahwa pemerintahannya belum menanggapi serius kasus Snowden. Ekuador juga membantah telah mengeluaran dokumen perjalanan bagi Snowden, yang digunakannya untuk keluar dari Hong Kong.

Snowden sendiri telah didakwa oleh Pemerintah AS dengan tiga kejahatan, termasuk dua diantaranya di bawah Undang-Undang Spionase. Dakwaan ini disampaikan oleh otoritas AS, setibanya Snowden di Bandara Sheremetyevo, Moskow pada 23 Juni lalu.

Snowde tidak bisa menyeberangi perbatasan Rusia, atau membeli tiket pesawat lain, karena ia tidak memiliki visa Rusia, sementara paspornya telah dicabut oleh Pemerintah AS.

"Saya pikir itu akan menjadi hal yang benar untuk dilakukan, jika mereka memberinya suaka," kata Fedotov. Menurutnya, seorang whistleblower harus berada di bawah perlindungan dari Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7223 seconds (0.1#10.140)