UNESCO masukan monumen bersejarah Korut ke Daftar Warisan Dunia

Minggu, 23 Juni 2013 - 17:14 WIB
UNESCO masukan monumen bersejarah Korut ke Daftar Warisan Dunia
UNESCO masukan monumen bersejarah Korut ke Daftar Warisan Dunia
A A A
Sindonews.com - Komite Warisan Dunia UNESCO (WHC) yang ke 37 menambahkan monumen bersejarah dari Dinasti Koryo, di Kaesong, Korea Utara (Korut) ke dalam daftar situs warisan budaya dunia, Minggu (23/6/2013). Situs milik kerajaan yang berjaya pada abad ke 10 hingga 14 ini merupakan bangunan kedua di Korut yang masuk dalam daftar situs yang dilestarikan UNESCO, setelah Koguryo Tombs terdaftar pada 2004 lalu.

"Atas nama seluruh panitia, saya ingin mengucapkan selamat kepada Korut atas prasasti properti budaya dalam Daftar Warisan Budaya Dunia," ungkap Francisco Javier Gutierrez, Ketua komite WHC ke 37.

Menurut International Council on Monuments and Sites (ICOMOS, badan penasehat Komite Warisan Dunia dalam kekayaan budaya monumen bersejarah), peninggalan Dinasti Koryo dibangun di Kaesong hingga ke wilayah pengunungan di sebelah barat kota Kaesong.

Bangunan ini mewujudkan peninggalan nilai-nilai politik, budaya, filosofis dan spiritual sebuah Ibu Kota negara melalui kesatuan tata letak geomantic kota, istana dan kompleks makam, sistem pertahanan perkotaan yang mencakup tembok dan gerbang, dan lembaga pendidikan.

Monumen bersejarah di situs Kaesong terdiri dari 12 warisan yang sibangun secara terpisah di atas tanah seluas 494,2 hektar dan dikelilingi oleh zona penyangga seluas 5222,1 hektar.

Situs ini memiliki nilai universal yang sangat luar biasa karena banguan ini mencerminkan kesatuan nilai-nilai budaya, spritual, dan politik di bawah Dinasti Koryo dan juga pertukaran nilai-nilai dengan negara lain di sekitarnya.

"Situs ini menjadi saksi keistimewaan peradaban terpadu Buddhisme membuka jalan bagi neo-Konfusianisme di Asia Timur," ungkap Gutierrez. "Ini adalah contoh luar biasa dari ibu kota di transisi dari Buddhisme ke neo-Konfusianisme sebagai filosofi penuntun bagi pemerintah," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6617 seconds (0.1#10.140)
pixels