Turki selidiki dugaan keterlibatan pihak asing dalam aksi demo

Sabtu, 22 Juni 2013 - 23:54 WIB
Turki selidiki dugaan...
Turki selidiki dugaan keterlibatan pihak asing dalam aksi demo
A A A
Sindonews.com – Badan Intelijen Nasional Turki (MIT) telah meluncurkan investigasi menyeluruh atas dugaan adanya keterlibatan pihak asing dalam aksi demonstrasi yang terjadi di Taman Gezi, Istanbul. Demikian dilaporkan oleh Turkish Daily News, Sabtu (22/6/2013).

"Unit yang berbeda dari MIT telah bekerja pada aspek yang berbeda dari gerakan ini. Hasil dari pekerjaan ini akan disampaikan kepada pemerintah," kata seorang pejabat senior di pemerintahan Turki yang tak disebutkan namanya.

Pemerintah Turki percaya, beberapa kekuatan asing dan lembaga internasional berada di balik aksi protes yang berlangsung selama tiga pekan itu. Awal bulan ini, Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan menyalahkan "ekstremis domestik" dan "kekuatan asing" karena telah mengipasi para demonstrasi.

Menurut Daily News Turki, temuan awal dari penyelidikan oleh MIT, Departemen Luar Negeri dan lembaga negara lainnya, akan dibahas pada pertemuan Dewan Keamanan Nasional Turki dijadwalkan berlangsung pada 25 Juni.

Dalam aksi demo di Taman Gezi, yang bermula pada tiga pekan lalu, isu yang diusung para demonstran adalah soal keinginan untuk melestarikan taman dan menolak rencanan pembongkaran yang diusung pemerintah. Namun selanjutnya, aksi demo malah berubah arah menjadi aksi anti pemerintah.

Setidaknya lima orang tewas dan sekitar 5.000 terluka dalam bentrokan antara demonstran dan polisi Turki. Sejumlah negara telah mengecam sikap aparat Turki yang dinilai terlalu keras terhadap para demonstran.


(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0769 seconds (0.1#10.140)