Turki: Helikopter militer diserang teroris

Jum'at, 21 Juni 2013 - 20:07 WIB
Turki: Helikopter militer diserang teroris
Turki: Helikopter militer diserang teroris
A A A
Sindonews.com - Helikopter militer yang membawa dua komandan tentara Turki diserang saat melintasi gunung di Provinsi Hakkari, wilayah utama suku Kurdi, Jumat (21/6/2013).

"Teroris telah melepaskan empat tembakan kepada helikopter militer di Gunung Ikiyaka, yang terletak dekat dengan perbatasan dengan Irak," sebut isi pernyataan militer Turki.

"Helikopter berusaha menghindari tembakan dari kelompok teroris dan berhasil lolos tanpa ada korban luka-luka. Namun, satu peluru menembus kaca jendela depan, tetapi helikopter itu tetap berhasil melakukan pendaratan di sebuah pangkalan udara di Hakkari," lanjut isi pernyataan militer Turki.

Hingga saat ini, belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas seerangan tersebut. Namun, selama ini pemberontak Kurdi berjuang untuk mendapatkan otonomi di Turki dan sering melancarkan serangan yang menargetkan militer Turki.

Tapi sejak Maret lalu, mereka menyatakan gencatan senjata sebagai bagian dari kesepakatan perundingan damai dengan pemerintah Turki.

PKK telah melakukan perlawanan terhadap Pemerintah Turki selama 29 tahun. Dalam kurun waktu itu, 45 ribu orang telah tewas. Namun kini, setelah datangnya tawaran perdamaian dari Pemerintah Turki, pejuang PKK pun menarik diri dari wilayah Turki dan menuju ke basis mereka di Irak utara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5643 seconds (0.1#10.140)