Taliban resmikan kantor perwakilan politik di Qatar

Rabu, 19 Juni 2013 - 13:53 WIB
Taliban resmikan kantor...
Taliban resmikan kantor perwakilan politik di Qatar
A A A
Sindonews.com - Kelompok Taliban yang telah bertempur dengan pasukan Amerika Serikat (AS) sejak 2001 lalu, dikabarkan telah meresmikan kantor perwakilan politik mereka, di Ibu Kota Doha, Qatar, pada Rabu (19/6/2013). Peresmian kantor Biro Politik Emirat Islam Afghanistan di Doha itu, dihadiri perwakilan Taliban dan sejumlah pejabat Qatar.

"Pembukaan kantor ini dimaksudkan untuk membuka dialog dengan masyarakat internasinal dan kelompok Afghanistan untuk menciptakan solusi damai di Afghanistan," kata Juru Bicara Taliban, Mohammed Naim.

"Kita akan segera memulai dialog dengan AS, sedangkan perundingan dengan Pemerintah Afghanistan tergantung pada keadaan," ujar Naim. "Isu utama yang dakan dibahas dalam pertemuan itu, adalah tahanan politik Taliban yang dipenjara di Teluk Guantanamo," imbuhnya.

Naim mengatakan, bahwa Taliban mendukung solusi politik dan damai untuk mengakhiri penjajahan di Afghanistan dan menjamin penerapan sistem Islam dan keamanan nasional.

Sementara, AS dikabarkan akan melakukan dialog dengan Taliban dalam beberapa hari mendatang. AS menyambut baik keputusan Taliban untuk membuka kantor perwakilan politik itu. "Menurut saya, AS akan melakukan pertemuan pertama dengan Taliban di Doha selama beberapa hari," ujar seorang perjabat senior AS.

Pejabat itu melanjutkan, dengan adanya kantor tersebut, AS akan menjadikannya sebagai media komunikasi dengan para gerilyawan yang masih berperang di Afghanistan. Seorang pejabat Afghanistan di Ibu Kota Kabul, mengatakan, kantor itu dibuka karena kuatnya tekanan dari AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)