Naik jet pribadi, biksu Thailand ditegur

Selasa, 18 Juni 2013 - 15:55 WIB
Naik jet pribadi, biksu Thailand ditegur
Naik jet pribadi, biksu Thailand ditegur
A A A
Sindonews.com - Perilaku pendeta Budha di Thailand menjadi sorotan, setelah muncul rekaman para biksu yang terbang dengan jet pribadi. Para biksu itu juga bergaya hidup mewah, yakni memakai earphone, kacamata hitam dan bepergian dengan mengenakan tas mewah Louis Vuitton.

Video gaya hidup mewah itu diunggah di Youtube dan sudah ditonton sekitar 200.000 kali. Tindakan itu memicu perdebatan, karena berlawanan dengan prinsip hidup mereka yang harusnya sederhana.

Dikutip newstraitstimes Selasa (18/6/2013), Direktur Kantor Nasional Buddhisme, Nopparat Benjawattantnun, mengatakan salah satu biksu itu ditegur setelah video gaya hidup mewah itu tersebar. Jet itu, menurutnya disewa saat para biksu pulang dari Bangkok ke timur laut Si Sa Ket.

”Perilakunya mengenakan kacamata hitam dan membawa tas mewah Louis Vuitton, yang muncul ke layar (video) akan memprovokasi kritik dari orang awam,” kata Nopparat.

Direktur Kantor Si Sa Ket, Virood Chaipanna mengatakan, biksu bergaya hidup mewah itu, salah satunya bernama Luang Pu Nenkham Chattigo, 34, dari Wat Pa Khantitham. ”Kemarin saya pergi ke kuil tapi dia tidak ada. Mereka mengatakan ia berada di Perancis,” kata Virood.

Buddhisme adalah agama mayoritas di Thailand. Sekitar 95 persen dari populasi penduduk di negara itu diyakini memeluk agama tersebut. Kantor Nasional Buddhisme menunjukkan, Thailand memiliki lebih dari 61.000 biksu.

Perilaku mereka sering jadi sorotan media yang mengungkap kasus pendeta mengambil obat, pesta minuman, berjudi dan mengunjungi pelacur.

”Untuk berada di kerahiban, satu harus diisolasi dan harus puas dengan apa yang dimiliki," kata Pra Khru Vinaithorn Teerawit, dari Pusat Perlindungan Buddhisme Thailand.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5165 seconds (0.1#10.140)