Dipimpin Rouhani, Arab Saudi berharap Iran kian makmur

Senin, 17 Juni 2013 - 11:16 WIB
Dipimpin Rouhani, Arab...
Dipimpin Rouhani, Arab Saudi berharap Iran kian makmur
A A A
Sindonews.com - Raja Arab Saudi Abdullah mengucapkan selamat atas terpilihnya ulama moderat Hassan Rouhani sebagai presiden baru Iran.

"Atas nama pemerintah dan semua rakyat Arab Saudi, dengan senang hati kami ucapkan selamat kepada Hassan Rouhani yang telah terpilih sebagai presiden baru Iran dan kami berharap semua rakyat Iran semakin makmur," ungkap Raja Abdullah dalam sebuah surat pernyataan yang diterbitkan oleh SPA, Minggu (16/6/2013).

Raja Abdullah juga memuji cara pandang Rouhani dalam meningkatkan kerjasama dan hubungan di tingkat regional. Rouhani adalah mantan negosiator nuklir Iran yang telah berjuang menciptakan hubungan yang lebih konstruktif antara Iran dan kekuasaan dunia.

Iran adalah negara yang dihuni mayoritas muslim Syiah. Sementara Arab Saudi didominasi oleh umat muslim Sunni dan negara yang merupakan pemain politik utama di tingkat regional.

Arab Saudi adalah negara Teluk terakhir yang mengucapkan selamat atas kemenangan Rouhani. Sejumlah pemimpin negara teluk lainnya, seperti Uni Emirat Arab, Bahrain, Kuwait, Qatar, dan Oman telah lebih dulu mengucapkan selamat lewat kantor berita masing-masing.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)