China luncurkan misi ruang angkasa berawak terlama

Selasa, 11 Juni 2013 - 14:46 WIB
China luncurkan misi ruang angkasa berawak terlama
China luncurkan misi ruang angkasa berawak terlama
A A A
Sindonews.com - Cina meluncurkan misi ruang angkasa berawak terpanjang yang pernah ada,
pada Selasa (11/6/2013). Hebatnya, kru yang menjalani misi itu adalah tiga astronot, dua di antaranya wanita.

Proyek ambisius luar angkasa China itu sengaja dipamerkan untuk menunjukkan kehebatan Negara Tirai Bambu tersebut. Moda ruang angksa yang digunakan dalam misi kali ini adalah Shenzhou-10, yang berarti ”kapal Ilahi”.

Shenzhou-10 lepas landas pada pukul 09.38 waktu GMT dari pusat peluncuran Jiuquan di Gurun Gobi. Juru Bicara Program Luar Angkasa China, Wu Ping, mengatakan salah satu astronot dalam misi itu adalah Wang Yaping, 33. Astronot yang dilatih khusus untuk menjalankan percontohan transportasi udara tersebut, dijadwalkan untuk menghabiskan 15 hari di ruang angkasa.

Beijing menganggap program ruang angka senilai miliaran dolar AS itu sebagai penanda bangkitnya negeri komunis. Dalam misinya ke ruang angkasa para astronot akan menyematkan bendera China ke dada mereka. Aksi itu, akan dihubungkan melalui sambungan video yang disaksikan anak-anak yang sedang sekolah di China.

”Semua siswa kita akan melihat alam semesta yang luas. Kami berharap teman-teman yang masih uda untuk belajar dan mengeksplorasi alam semesta yang mistis dan indah,” kata Wu Ping dalam konferensi persnya, dikutip AFP.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5102 seconds (0.1#10.140)