Venezuela & AS setuju tingkatkan hubungan

Kamis, 06 Juni 2013 - 23:34 WIB
Venezuela & AS setuju tingkatkan hubungan
Venezuela & AS setuju tingkatkan hubungan
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Venezuela dan Amerika Serikat (AS) pada Rabu (5/6/2013), sepakat untuk mencari cara-cara guna meningkatkan hubungan diplomatik mereka yang telah tegang sejak Agustus 2010. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Venezuela, Elias Jaua.

Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan Jaua dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry di sela-sela pertemuan sidang umum Organisasi Negara Amerika (OAS) yang diadakan di Antigua, Guatemala.

"Kami percaya, bahwa pertemuan dengan Kerry akan menandai awal dari hubungan yang baik dan saling menghormati antara Venezuela dan AS," kata Jaua dalam pernyataan yang dirilis oleh media resmi Venezuela, seperti dikutip dari Xinhua.

Menurut Jaua, pertemuan itu ditandai dengan niat baik dari kedua belah pihak dalam menanggulangi kendala yang telah mencegah kedua negara dari normalisasi hubungan bilateral.

Sementara itu, Kerry menyatakan, bahwa kedua negara akan terus melakukan dialog tingkat tinggi. "Kami telah sepakat, akan melanjutkan dialog di tingkat tinggi, antara Departemen Luar Negeri dan Kementerian Luar Negeri, untuk mencoba untuk mendirikan sebuah agenda, mulai bertukar dialog antara kedua negara, yang pada akhirnya akan mengarah pada pencalonan Duta Besar baru di masing-masing pihak,” jelas Kerry.

Hubungan diplomatik antara kedua negara telah dibekukan sejak Agustus 2010, ketika presiden Hugo Chavez memutuskan untuk menarik Duta Besar Venezuela untuk AS. Sikap serupa juga dilakukan Pemerintah AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5245 seconds (0.1#10.140)