Korsel setuju berbicara dengan Korut

Kamis, 06 Juni 2013 - 22:30 WIB
Korsel setuju berbicara dengan Korut
Korsel setuju berbicara dengan Korut
A A A
Sindonews.com – Korea Selatan (Korsel) menyetujui proposal yang diajukan oleh Korea Utara (Korut) untuk melakukan pembicaraan resmi. Kementerian Unifikasi mengatakan dalam sebuah pernyataan, Kamis (6/6/2013), bahwa pemerintah Korsel memandang positif usulan Korut itu.

"Kami berharap pembicaraan akan menjadi kesempatan untuk membantu terciptanya kepercayaan," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Xinhua.

Sebelumnya, pada hari yang sama, Korut mengusulkan untuk mengadakan pembicaraan dengan Korsel soal sejumlah isu, termasuk normalisasi Kaesong Industrial Zone (KIZ), sebut laporan kantor berita Korsel, KCNA.

Proposal ini diajukan oleh Komite Korut untuk Reunifikasi Damai Korea (CPRK), dalam sebuah pernyataan khusus yang dikeluarkan oleh juru bicaranya. “Kami mengusulkan mengadakan pembicaraan antara otoritas dari utara dan selatan untuk normalisasi operasi di KIZ,” sebut pernyataan itu.

Korut juga mengusulkan dimulainya kembali tur ke gunung Kumgang untuk memperingati ulang tahun deklarasi bersama kedua Korea yang jatuh pada 15 Juni mendatang. Deklarasi itu dilakukan pada 2000 silam, oleh Presiden Korsel saat itu, Kim Dae-jung dan Pemimpin Korut, Kim Jong Il.

Deklarasi ini menyebabkan masa pemulihan hubungan antara kedua belah pihak, yang melihat kerjasama bilateral skala besar dan promosi hubungan ekonomi. Dalam proposal tersebut, Korut juga kembali mengusulkan untuk merayakan HUT deklarasi secara bersama-sama.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4856 seconds (0.1#10.140)