Konferensi damai Suriah batal digelar pada Juni

Kamis, 06 Juni 2013 - 07:30 WIB
Konferensi damai Suriah batal digelar pada Juni
Konferensi damai Suriah batal digelar pada Juni
A A A
Sindonews.com – Utusan khusus Liga Arab dan PBB untuk Suriah, Lakhdar Brahimi mengatakan pada Rabu (5/6/2013), bahwa tidak akan mungkin untuk menggelar konferensi Jenewa II pada Juni. Semula, konferensi yang digagas oleh Rusia dan Amerika Serikat (AS), akan dilangsungkan pada awal bulan ini.

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menggelar sebuah konferensi tentang Suriah. Dengan alasan ini, kami telah datang ke kesimpulan, bahwa itu tidak akan mungkin untuk mengadakan konferensi ini pada bulan Juni," kata Brahimi setelah pertemuan dengan pejabat senior Rusia dan AS.

Dia mengatakan kepada wartawan, bahwa oposisi Suriah harus menyelesaikan banyak pekerjaan untuk menghadiri konferensi ini. "Dan, sampai oposisi siap, yang bisa kita lakukan adalah menunggu. Saya mendorong mereka untuk sampai ke sana, tapi jelas konferensi tidak dapat berlangsung tanpa mereka," katanya.

"Kami akan melanjutkan konsultasi kami dengan Rusia dan AS untuk mengidentifikasi jendela kesempatan guna melangsungkan konferensi sesegera mungkin. Mudah-mudahan bisa berlangsung pada Juli," katanya.

Para pejabat AS dan Rusia telah sepakat, bahwa konferensi Jenewa soal konflik Suriah akan diselenggarakan di bawah naungan Sekretaris Jenderal PBB. Rezim Presiden Bashar al-Assad telah menyatakan akan hadir, sementara kubu oposisi menolak hadir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5045 seconds (0.1#10.140)