Menlu AS janji bantu akhiri konflik Nagorno-Karabakh

Selasa, 04 Juni 2013 - 11:07 WIB
Menlu AS janji bantu akhiri konflik Nagorno-Karabakh
Menlu AS janji bantu akhiri konflik Nagorno-Karabakh
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry pada Senin (3/6/2013) berjanji melanjutkan upaya untuk membantu mengakhiri konflik berkepanjangan di Nagorno-Karabakh antara Azerbaijan dan Armenia.

"Ini adalah konflik beku, sebagaimana kita menyebutnya sebuah acaman stabilitas kawasan dan kita butuh cara untuk menanganinya,” ujar Kerry, sesaat sebelum bertemu Menteri Luar Negeri Azerbaijan, Elmar Mammadyarov.

”Saya percaya ada jalan ke depan dan kami akan terus bekerja dengan tenang dan sabar dalam upaya untuk mendorong semua pihak guna mengambil langkah-langkah yang baik untuk membangun kepercayaan,” imbuh Kerry.

Sementara Mammadyarov yakin, negaranya mampu melewati tantangan ini dengan bantuan AS.

”Semua konflik hanya menghasilkan hal negatif, itu akan jadi masa lalu. Kami akan melihat masa depan yang cerah dan hidup berdampingan dengan lingkungan yang baik.

Nagorno-Karabakh terletak di dalam Azerbaijan tetapi telah dikuasai oleh pasukan Armenia dan pasukan etnik sejak perang separatis meletus pada 1988. Kedua negara Kaukasus Selatan itu menandatangani perjanjian gencatan senjata pada 1994, tetapi perang kembali pecah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5547 seconds (0.1#10.140)