Kecelakaan di landasan pacu, Bandara di Filipina ditutup

Senin, 03 Juni 2013 - 15:49 WIB
Kecelakaan di landasan pacu, Bandara di Filipina ditutup
Kecelakaan di landasan pacu, Bandara di Filipina ditutup
A A A
Sindonews.com - Otoritas penerbangan Filipina menutup salah satu bandara tersibuk di negara itu pada Senin(3/6/2013). Langkah ini diambil, setelah sebuah pesawat jet penumpang melampaui landasan pacu.

Kecelakaan itu terjadi, saat pesawat jet itu mendarat di tengah hujan dan badai. Otoritas Penerbangan Sipil Filipina (CAAP), mengatakan, Bandara Internasional Davao di selatan negara itu akan ditutup hingga Senin malam.

Pihak perusahaan pesawat Airbus A320, Cebu Pacific, menyatakan, pesawat jet berpenumpang 165 orang itu berbelok ke kanan dari landasan pacu, sesaat setelah mendarat Minggu malam dari Manila.”Semua penumpang selamat," kata juru bicara maskapai penerbangan Cebu Pacific, Candice Iyogkepada AFP.

"Kami tidak tahu persis apa yang menyebabkan pesawat berbelok, tapi kami bekerja sama dengan para peneliti kecelakaan,” imbuh dia. Sementara itu, juru bicara Penerbangan Sipil, Eric Apolonio mengatakan, pekerja butuh waktu hingga Senin malam untuk mengevakuasi jet itu.

”Kami tidak ingin menyebabkan kerusakan yang luas pada pesawat terbang dan landasan pacu," katanya. "Tidak akan ada penerbangan ke dan dari Davao sampai saat itu.” Iyog mengatakan, Cebu Pacific membatalkan 20 penerbangan untuk hari itu, sementara saingannya Philippine Airlines (PAL) telah membatalkan 11 penerbangan.

Akibat penutupan bandara tersebut, ratusan penumpang telantar dan memaksa PAL untuk menawarkan pengalihan penerbangan ke Bandara lain.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6310 seconds (0.1#10.140)