Dikecam, pemulangan pengungsi Korut dari Laos

Kamis, 30 Mei 2013 - 22:37 WIB
Dikecam, pemulangan pengungsi Korut dari Laos
Dikecam, pemulangan pengungsi Korut dari Laos
A A A
Sindonews.com – Pemantau Hak Asasi Manusia (HAM) dan kelompok pembelot Korea Utara (Korut), pada Kamis (30/5/2013), menyuarakan kemarahan dan keprihatinan atas pemulangan paksa sembilan pengungsi muda Korut ke Pyonyang. Para pengungsi ini ditangkap di Laos.

Sembilan pengungsi asal Korut yang berusia antara 15-23 tahun itu ditangkap di Laos sekitar tiga pekan lalu dan dikembalikan ke China pada awal pekan ini. Satu hari kemudian, mereka diterbangkan kembali ke Pyongyang.

Kebanyakan pengungsi Korut memulai pelarian mereka dengan menyeberang ke China dan kemudian mencoba untuk masuk ke negara-negara ketiga, kebanyakan memilih negara di kawasan Asia Tenggara. Di negara ketiga ini, mereka kerap meminta izin untuk bermukim.

Dikhawatirkan, para pengungsi ini akan dijatuhi hukuman berat oleh Pemerintah Korut, karena telah melarikan diri dari negara mereka. Hal ini pula yang menjadi sumber keprihatinan kelompok-kelompok HAM.

“Badan pengungsi PBB sangat prihatin tentang keamanan dan HAM dari orang-orang itu, jika mereka kembali ke Korut," kata Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Antonio Guterres. Sementara Phil Robertson, Wakil Direktur Human Rights Watch untuk Asia, mengecam sikap China dan Laos yang memilih memulangkan pengungsi Korut.

"Laos dan China menunjukkan sikap kalau mereka mengabaikan HAM dengan memungkinkan pemerintah Korut untuk kembali secara paksa sembilan orang tanpa memenuhi kewajiban mereka untuk memungkinkan penentuan status pengungsi,” jelas Robertson.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4233 seconds (0.1#10.140)