Obama akan bertemu Sekjen NATO untuk bahas Afghanistan

Rabu, 29 Mei 2013 - 22:22 WIB
Obama akan bertemu Sekjen NATO untuk bahas Afghanistan
Obama akan bertemu Sekjen NATO untuk bahas Afghanistan
A A A
Sindonews.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan bertemu dengan Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen di Gedung Putih, Jumat (31/5/2013). Pertemuan ini dilakukan untuk membahas Afghanistan dan masalah keamanan lainnya.

"Presiden berharap untuk membahas masalah keamanan global dan regional dengan Sekjen NATO, guna mengakhiri perang di Afghanistan dan membangun kemitraan abadi dengan pemerintah Afghanistan," kata Juru Bicara Gedung Putih, Jay Carney, Selasa (28/5/2013), seperti dikutip dari Reuters.

Pertemuan itu dilakukan saat NATO dan AS tengah bersiap untuk menarik sebagian besar pasukan dari Afghanistan dan mengakhiri perang panjang yang dimulai setelah serangan teroris 11 September 2001 di AS.

Saat ini, lebih dari 60 ribu tentara AS masih berada di Afghanistan. Dalam beberapa pekan mendatang, Obama akan mengumumkan berapa banyak pasukan tempur AS yang akan meninggalkan Afghanistan pada tahun depan dan berapa banyak pasukan akan tinggal.

Masih tetap ditempatkannya sejumlah pasukan AS di Afghanistan pasca 2014 dimaksudkan untuk melatih dan mendukung pasukan Afghanistan dan melaksanakan beberapa operasi. Hingga kini, masih muncul kekhawatiran soal kemampuan pasukan Afghanistan dalam menjaga keamanan negara itu, pasca hengkangnya pasukan asing.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6844 seconds (0.1#10.140)
pixels