Korsel tolak ajakan Korut rayakan peringatan deklarasi

Selasa, 28 Mei 2013 - 07:00 WIB
Korsel tolak ajakan Korut rayakan peringatan deklarasi
Korsel tolak ajakan Korut rayakan peringatan deklarasi
A A A
Sindonews.com – Korea Selatan (Korsel) menolak proposal Korea Utara (Korut) untuk menggelar acara bersama guna memperingati deklarasi kedua negara. Tahun ini, deklarasi itu menginjak tahun ke 13.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan, Senin (27/5/2013), bahwa jika Korut benar-benar ingin meningkatkan hubungan antar dua Korea, maka mereka harus memulai dialog dengan pemerintah Korsel guna membangun kepercayaan sesegera mungkin, bukannya berhubungan dengan organisasi swasta.

Seperti dilaporkan Xinhua, pernyataan itu dilontarkan Korsel setelah Korut mengirim faks pada pertengahan pekan lalu dan mengusulkan kegiatan ulang tahun bersama dengan Korsel guna memperingati ulang tahun ke-13 deklarasi bersama.

"Di satu sisi, Korut terus menolak bicara soal Kaesong dengan pemerintah kita, tapi di sisi lain mengusulkan acara dengan organisasi swasta di sisi lain," kata Juru Bicara Kementerian Unifikasi Korsel. Ia menyebut Korut bermuka dua.

Dia meminta Korut untuk mengaktifkan kembali hotline yang telah diputus dan secepat mungkin menanggapi usulan untuk mengadakan pertemuan tingkat kerja demi kembali beroperasinya zona industri bersama Kaesong.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6117 seconds (0.1#10.140)
pixels