HUT militer, Iran pamerkan drone baru

Kamis, 18 April 2013 - 21:17 WIB
HUT militer, Iran pamerkan drone baru
HUT militer, Iran pamerkan drone baru
A A A
Sindonews.com - Angkatan Udara Iran memamerkan drone (Pesawat tanpa awak) terbaru buatan dalam negeri, bernama Hazem 3. Peluncuran tersebut dilakukan bertepatan dengan hari Tentara Nasional Iran, Kamis (18/4/2012).

Brigadir Jenderal Frazad Esmaili, Komandan Pertahanan Udara Khatam Al-Anbia mengatakan, Hazem adalah drone terbaru yang mampu melancarkan serangan jarak jauh dan dapat digunakan untuk melakukan pengintaian dan juga penyerangan. Bahkan, mampu membawa sejumlah rudal.

Selain memamerkan Hazem, dalam parade militer itu juga dipamerkan dua buah sistem rudal terbaru yakni Ya Zahra 3 dan Mersad 2. Dalam kesempatan tersebut Esmaili juga menginformasikan bahwa militer Iran telah memulai produksi masal drone jenis Sarir (Tahta) H110.

"Sarir H110 adalah drone siluman jarak jauh dan d ilengkapi dengan kamera pengintai, serta mampu membawa sejumlah rudal saat mengudara. Drone ini juga mampu mengindari pengecohan radar yang dilakukan oleh pesawat musuh," lanjutnya.

Seperti diketahui, militer Iran terus mengembangkan pembuatan drone untuk meningkatkan kemampuan pertahanan AU Iran dalam melakukan pencegahan atas berbagai bentuk ancaman serangan.

Hari Tentara Nasional Iran dihadiri sejumlah pejabat senior dan sejumlah komandan militer, termasuk Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Dalam pidatonya, Presiden Ahmadinejad memuji kemajuan kekuatan dan prestasi yang telah dicapai oleh tentara Iran dalam beberapa tahun belakangan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6145 seconds (0.1#10.140)