Jepang ingin lanjutkan pembahasan sengketa pulau dengan Rusia

Selasa, 16 April 2013 - 08:30 WIB
Jepang ingin lanjutkan pembahasan sengketa pulau dengan Rusia
Jepang ingin lanjutkan pembahasan sengketa pulau dengan Rusia
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Jepang berharap bisa melanjutkan pembicaraan mengenai sengketa wilayah dengan Rusia. Demikian dinyatakan oleh Kedutaan Besar Jepang di Moskow, Rusia, Senin (15/4/2013).

“Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengharapkan untuk memulai diskusi tentang Wilayah Utara, yang disebut sebagai Kepulauan Kuril Selatan di Rusia, selama kunjungan mendatang ke Rusia pada akhir bulan ini,” demikian pernyataan Kedubes Jepang di Rusia.

Selama pertemuan antara Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov dan timpalannya dari Jepang, Fumio Kishida, Senin (15/4/2013), pihak Jepang menekankan pentingnya mencapai kesepakatan tentang dimulainya kembali pembicaraan atas pulau-pulau yang disengketakan selama kunjungan Abe.

“Tokyo berharap untuk membangun hubungan berbasis kepercayaan pribadi antara Perdana Menteri dan Presiden Rusia,” lanjut pernyataan Kedubes Jepang. Menurut pernyataan itu, kerjasama di bidang keamanan dan ekonomi antara kedua negara melayani kepentingan nasional mereka.

Kunjungan Abe ke Rusia akan menjadi perjalanan pertama yang dilakukan Perdana Menteri Jepang ke Rusia dalam 10 tahun terakhir. Hingga kini, sengketa pulau-pulau itu telah mencegah kedua negara untuk menyimpulkan perjanjian perdamaian sejak akhir Perang Dunia II.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6595 seconds (0.1#10.140)