Korsel: Rudal Korut siap meluncur

Senin, 15 April 2013 - 20:47 WIB
Korsel: Rudal Korut...
Korsel: Rudal Korut siap meluncur
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) meyakini, bahwa posisi roket Korea Utara (Korut) dalam keadaan siap meluncur. Namun, hingga Senin (15/4/2013), tidak ada tanda-tanda Korut siap meluncurkan perang.

"Korsel terus memantau perkembangan di Korut. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah kami lakukan, Korut siap meluncurkan rudal," ungkap Kim Kwan-jin, Menteri Pertahanan Korsel.

Kwan-jim menambahkan, berdasarkan pemantauan yang telah mereka lakukan, hari ini militer Korut akan menggelar parade militer besar-besaran untuk memperingati hari kelahiran 101 tahu pendiri Korut, Kim il-sung.

Berdasarkan hasil pemantauan Amerika Serikat (AS), Laksamana Samuel Locklear, Komandan Militer AS di Pasifik menegaskan, Korut telah menyelesaikan tahapan persiapan peluncuran rudal jarak menengah di wilayah pantai timur Korut.

Rudal yang akan diuji coba adalah rudal jarak menengah bernama Musudan atau juga yang dikenal sebagai X Taepodong. Rudal jarak menengah ini mampu menjangkau sasaran sejauh 3.000-3.500 km. Artinya, secara teknis rudal tersebut dapat menyerang pangkalan militer AS di Guam.

Berdasarkan hasil pencitraan satelit terbaru, Korut tidak hanya meluncurkan rudal X Taepodong, mereka juga akan meluncurkan dua rudal lainnya, yakni rudal jarak pendek, Scud (jangkauan 300-500 meter) dan rudal jarak menengah, Nodong (jangkauan 1.300-1.500km).

Sejumlah pejabat Korsel sebelumnya memperkirakan, rudal tersebut akan ditembakan hari ini. Tapi sepertinya, perkiraan tersebut meleset.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)